Cara Bongkar Lensa Tamron AF 18-200MM F/3.5-6.3 XR DI II untuk membersihkan Jamur

Lensa tamron  AF 18-200MM F/3.5-6.3 XR DI II, ini adalah salah satu lensa superzoom paling tua dipasaran lensa. Setidaknya lensa ini untuk kamera APS-C, karena Tamron 18-200mm telah dilansir sejak enam tahun lalu. Dan tidak mengejutkan produk ini selalu memperbaiki kekurangan dari produk sebelumnya.
lensa Tamron AF18-200mm F/3.5-6.3 XR Di LD Aspherical-II (IF) MACRO adalah lensa zoom daya tinggi dirancang khusus untuk kamera SLR digital dengan menggunakan (APS-C) lebih kompak ukuran sensor gambar digital. Panjang fokus lensa ini setara dengan sekitar. 28-300mm dalam format 35mm.

Dirancang sebagai sebuah lensa "all-in-satu", itu akan memenuhi hampir semua peluang fotografi tanpa lensa berubah.

Lensa zoom 18-200mm menyadari suatu (Jarak Fokus Minimum) MFD sebesar 1,5 '(45 cm) selama rentang zoom oleh kerja dari konfigurasi desain baru optik / mekanik. Karena rasio perbesaran maksimal pada f = 200mm 1:3.7 adalah, Anda dapat menikmati fotografi close-up dengan mudah dan nyaman.

Kaca Khusus Dioptimalkan untuk digital SLR
     XR (Indeks bias Ekstra) desain kaca mengurangi berbagai penyimpangan minimum mutlak dan mencapai perampingan yang luar biasa pada waktu yang sama. Selain itu, tiga elemen lensa aspherical hibrida dan dua LD (Low Dispersion) elemen kaca yang digunakan untuk mencapai kompensasi yang efektif dari penyimpangan berwarna on-axis dan lateral, faktor penting untuk meningkatkan kualitas optik dalam fotografi digital.

Permukaan internal Coating untuk Mengurangi ghosting dan Flare
     Lapisan Permukaan lensa fitur internal (yaitu, beberapa lapisan coating pada permukaan disemen unsur jamak) dan baru beberapa teknologi lapisan-lapisan pada unsur-unsur biasa dalam rangka untuk meminimalkan refleksi yang terjadi ketika cahaya masuk melalui elemen depan dan untuk mengurangi efek gambar merendahkan disebabkan oleh pencitra sendiri.


Namun disini tidak kita bahas lebih jauh tentang keunggulan dan kelemahannya namun disini akan kita uraikan lebih jelas cara bongkar lensa ini untuk membersihkan jamur  yang mengganggu sehingga membuat hasil foto agak sedikit kabur atau tidak jelas, berikut cara bongkar Lensa Tamron AF 18-200MM F/3.5-6.3 XR DI II :
1. Siapkan peralatan seperti obeng, jarum jahit, lap, serta peralatan lain yang dianggap perlu.
2. Gunakan peniti untuk membuka penutup skrup yang berada diatas lensa sepeti pada gambar :
 

3. Setelah penutup baut terbuka maka selanjutnya buka semua baut yang ada dengan pelan dan teliti seperti pada gambar :


4.setelah baut terbuka semua lalu tarik penutup lensa atas sampai lensa tidak ada penahan lagi, lalu lepaskan lensa bagian atas tersebut hati-hati jangan sampai lensa pecah lalu akan kelihatan lensa kedua, dan bersihkanlah jamur yang menempel pada lensa kedua tersebut seperti pada gambar berikut :

5. lalu pasang kembali seperti urutan pada cara bongkarnya tadi. selamat mencoba.

Posting Komentar